Destinasi Wisata Alam Petualang Banjarmasin

Destinasi Wisata Alam Petualang Banjarmasin

Kota dengan julukan seribu sungai, Banjarmasin menaruh bermacam wisata alam petualang Banjarmasin yang indah serta unik.

Lokasinya yang diapit 2 sungai yang jadi peninggalan pariwisata Banjarmasin ialah sungai Martapura yang bermuara pada sisi timur serta Sungai Barito, menjadikan kota ini kaya hendak wisata bahari.

Destinasi Wisata Alam Petualang Banjarmasin Yang Menarik Buat Dikunjungi

Destinasi wisata wisata alam petualang Banjarmasin tidak cuma terdapat wisata sungai. Banjarmasin pula mempunyai keelokan bentang alam serta beberapa tempat wisata lain yang layak didatangi. Mau jelajahi lebih banyak objek wisata yang terdapat di Banjarmasin?

Bukit Rimpi Pelaihari

Tujuan wisata kota Banjarmasin yang bisa kalian kunjungi pertama kali adalah Bukit Rimpi Pelaihari yang sudah banyak di ketahui oleh banyak orang. Objek wisata Banjarmasin memang sangatlah di dominasi oleh Padang Savana hijau yang luas serta memiliki kontur perbukitan yang sangatlah unik. Hal tersebut akan memberikan panorama alam yang memanjakan mata bagi setiap wisatawan.

Baca Juga: Wisata Indonesia Jarang Dikunjungi

Karena dengan hamparan rumput dengan bukit kecil yang menjulang tersebut, membuat bukit diketahui memiliki nama yaitu Bukit Teletubbies Banjarmasin. Mendatangi objek wisata di Banjarmasin yang hijau asri ini, kalian hendak serasa terletak di New Zealand sebab ternak warna yang terkadang tengah merumput di savana ini.

Akses buat mengarah destinasi wisata di Banjarmasin ini tidak susah, dari pusat Kota Banjarmasin kalian mengarah Kota Pelaihari yang berjarak 65 Km dengan waktu tempuhnya dekat 2 jam ekspedisi.

Arahkan kendaraan mengarah Tanah Bumbu. Dari posisi tersebut, dekat 7- 8 kilometer setelah itu kalian hendak masuk ke Desa Tampang sampai menciptakan spanduk bertuliskan Parkiran Bukit Rimpi.

Danau Biru Pengaron Kabupaten Banjar

Danau Biru Pengaron Kabupaten Banjar

Selaku wilayah yang kaya hendak hasil tambang, beberapa wilayah di Banjarmasin mempunyai kawasan sisa tambang yang telah tidak terpakai. Kawasan tersebut memang menjadi bagian antara lain yang berevolusi sehingga menjadi danau indah dengan air dengan warna biru. Danau Biru Pengaron ialah salah satu sisa tambang yang saat ini jadi destinasi wisata di Banjarmasin yang ramai didatangi.

Danau yang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang 4 Pengaron, Kabupaten Banjar bisa kalian kunjungi dengan jarak 100 km dari pusat Kota Banjarmasin menggunakan kendaran mobil.

Buat menggapai posisi Danau Biru Pengaron pula tidak gampang. Kalian wajib melewati jalur berbatu- bebat serta terjal. Jadi wajib berjaga- jaga buat mengarah posisi wisata di Banjarmasin. Walaupun begitu ekspedisi yang jauh serta meletihkan langsung terbayar lunas dikala terletak di Danau Biru Pengaron.

Panorama alam danau yang indah dengan air bercorak biru serta dikelilingi tebing- tebing besar dan pepohonan yang rindang membuat panorama alam di kawasan wisata alam Banjarmasin ini sangat eksotis serta menawan!

Danau Seran, Banjarbaru

Destinasi wisata danau buatan di Banjarmasin yang lain merupakan Danau Seran, Banjarbaru. Pada awalnya Danau Seran menjadi kawasan PT Galuh Cempaka yang membuat intan pada bagian zona danau. Sehabis aktivitasnya berakhir, danau terbengkalai ini setelah itu menjelma jadi danau indah dengan permukaan air bercorak kebiruan.

Yang menarik dari objek wisata di Banjarmasin ini merupakan pepohonan besar yang mengelilinginya dan suatu pulau kecil yang terletak di tengah- tengah danau yang dapat kalian sebrangi dengan memakai perahu.

Hijaunya alam dekat Danau Seran membuat hawa di kawasan wisata Banjarmasin ini sejuk. Perihal ini membuat wisatawan betah berlama- lama di Danau Seran buat semata- mata difoto, bersantai serta berenang. Untuk kalian yang mau berenang memanglah diperkenankan, tetapi harap berjaga- jaga ya karena kedalaman danau diperkirakan menggapai 30 m.

Tidak hanya berenang, terdapat beberapa aktivitas menarik lain yang dapat kalian jalani di Danau Seran semacam berkelana danau dengan perahu kelotok yang dipungut bayaran Rp5.000 buat satu orang penumpang. Kemudian kalian pula dapat menyewa sepeda air ataupun perahu dengan bayaran Rp20.000 buat waktu sewa sepanjang 30 menit.

Danau Seran yang berada di antara Perumahan Fitria Residence, atau lebih tepatnya di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin apabila dari Kota Banjarmasin, Danau Seran bisa ditempuh sepanjang 50 menit berkendara lewat Jalan Ahmad Yani serta Jalan Trikora.

Danau Sari Ambun, Desa Imban, Bati- Bati

Danau Sari Ambun, Desa Imban, Bati- Bati

Mau tiba ke danau natural yang belum ramai wisatawan? Kalian wajib melancong ke Danau Sari Ambun. Destinasi wisata di Banjarmasin sangatlah sering dijuluki sebagai Ranu Kumbolonya Kalimantan Selatan yang akan sangat menjadi rekomendasi untuk kalian yang mau liburan di tempat sepi dan asri.

Disamakan dengan Ranu Kumbolo sebab tipikal danau yang lokasinya menghadap bukit ataupun pegunungan.

Hal tersebut karena pada danau ini bukan bagian dari sisa kawasan tambang yang ada dekat pada lokasi tersebut. Akan tetapi warna yang ada pada permukaan air Sari Ambun memang sangatlah bergantung dari pantulan dan pembiasan cahaya matahari ketika terbit maupun tenggelam.

Walaupun terletak di kawasan suatu industri tambang, tetapi buat masuk ke Danau Sari Ambun tidak dikenakan bayaran apapun. Nah, untuk yang mau berkunjung ke objek wisata di Banjarmasin ini dianjurkan tidak tiba pada masa hujan sebab jalur mengarah posisi hendak berlumpur serta sulit dilewati.

Danau Sari Embun terletak di Desa Imban, Kecamatan Bati- Batu, Kabupaten Tanah Laut. Jika kalian akan berkunjung danau sari ambun, maka jika anda dari Kota Banjarmasin akan menempuh jaraknya 53, 7 Km dengan waktu tempuh sepanjang 1 jam 14 menit berkendara.

Buat mengarah Danau Sari Embun, kalian wajib melewati hutan tumbuhan karet terlebih dulu pada pintu masuk mengarah wisata di Banjarmasin ini. Patokannya, dikala berjumpa portal kalian jangan berbelok sebab bila berbelok malah hendak masuk dalam hutan karet.

Sebab lokasinya yang terpencil, hingga destinasi tempat wisata di Banjarmasin ini relatif hening serta tenang. Panorama alam di danau pula sangat menawan. Bila berkunjung pada pagi ataupun sore hari, kalian dapat menikmati matahari yang terbit serta tenggelam di perbukitan yang terletak di balik danau.

Tahura Sultan Adam

Taman Hutan Raya ataupun Tahura Sultan Adam menjadi salah satu wisata alam hutan hujan tropis yang bisa kalian jadikan sebagai  alternatif destinasi wisata alam di Banjarmasin berikutnya. Objek wisata di Banjarmasin berikutnya ini tercantum dalam kawasan Geopark Meratus Mandiangin Geosite yang dirancang Pemprov Kalimantan Selatan jadi UNESCO Geopark.

Hal yang menjadi istimewa pada destinasi wisata Banjarmasin Tahura Suldam hingga menjadi Taman Nasional Geopark Internasional yang sudah sangat mendunia? Tidak hanya mempunyai puncak Mandiangin yang indah yang diberikan julukan negara di atas awan. Namun kawasan ini juga kaya akan bentang alam flora dan fauna yang selalu menjadi ciri khas hutan daerah Kalimantan.

Terdapat 7 posisi di Tahura Sultan Adam yang dapat kalian jelajahi. Awal, Waduk Riam Kanan yang jadi PLTA di Kalimantan Selatan. Kedua, Pulau Pinus yang terletak di tengah danau serta ditumbuhi oleh rimbunan tumbuhan pinus.

Ketiga, Pulau Bukit Batasan yang bersebelahan dengan Pulau Pinus. Kawasan ini sesuai buat tamasya santai serta berolahraga air. Keempat, Air Terjun Susian. Kelima, Air Terjun Bagugur.

Keenam, Bumi Perkemahan Awang Bangkal, posisi perkemahan serta tempat yang cocok buat memandang matahari terbit. Bumi perkemahan ini populer indah sebab terletak di atas bukit serta dikelilingi pepohonan dan sungai.

Untukmu yang mau mendatangi destinasin tempat wisata di Banjarmasin ini, Tahura Sultan Adam terletak di Jalan Ir Pangeran Mohammad Noor. Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dari Kota Banjarmasin, posisi objek wisata ini bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 2 jam ekspedisi. Buat masuk, wisatawan dikenakan bayaran Rp10.000 per orang.